Kurikulum
Kurikulum Prodi S1 BimbinganKonseling Islam
1. Visi, Misi dan Tujuan Prodi S1 BimbinganKonseling Islam
Visi
“Menjadi program studi yang unggul sebagai rujukan Internasional dalam pengkajian dan pelayanan Bimbingan Konseling Islam tahun 2035.”
Misi
- Meningkatkan kualitas pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Bimbingan dan Konseling Islam yang berdaya saing Internasional.
- Meningkatkan mutu pengkajian dalam bidang bimbingan konseling keluarga dan komunitas.
- Meningkatkan jaringan kerja sama dengan berbagai lembaga dalam skala regional dan nasional dalam bidang Bimbingan dan Konseling Islam
- Meningkatkan mutu pelayanan dalam bidang Bimbingan dan Konseling Islam bagi masyarakat.
Tujuan
- Menghasilkan sarjana Bimbingan dan Konseling Islam yang beriman, bertakwa, professional, dan berdedikasi tinggi.
- Menghasilkan sarjana yang memiliki keahlian dalam bidang bimbingan konseling keluarga dan komunitas.
- Menghasilkan sarjana yang mampu melakukan riset di bidang Bimbingan dan Konseling Islam.
- Menghasilkan sarjana yang mampu memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.
2. ProfilLulusan Prodi S1 Bimbingan Konseling Islam
Profil Lulusan Program Studi Profil utama lulusan Program Studi Bimbingan Konseling Islam sebagai pembimbing dan konselor keagamaan dan peneliti yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas pembimbingan dan penyuluhan agama Islam berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
3. Capaian Pembelajaran Prodi S1 Bimbingan Konseling Islam
a. CapaianPembelajaran Program StudiBidangSikap dan Tata Nilai
- BertakwakepadaTuhan yang MahaEsa dan mampumenunjukkansikaprelegiusdalamkehidupanperseorangan, masyarakat dan bangsa;
- Menjunjungtingginilai kemanusiaandalammenjalankantugasberdasarkan agama, moral dan etika;
- Berkontribusidalampeningkatanmutukehidupanmasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuanperadabanberdasarkanpancasila;
- Berperansebagaiwarga negara yang bangga dan cintatanah air, memilikinasionalismeserta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargaikeanekaragamanbudaya, pandangan, agama dan kepercayaansertapendapatatautemuanrasional orang lain;
- Bekerjasama dan memilikikepekaansosialsertakepedulianterhadapmasyarakat dan lingkungan;
- Menunjukkansikaptaathukum dan disiplindalamkehidupanbermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasikannilai, norma, dan etikaakademikdalamkehidupan di masyarakat dan di negara;
- Menunjukkansikapbertanggungjawabataspekerjaan di bidangkeahlianyasecaramandiri;
- Menginternalisasikansemangatkemandirian, kejuangan dan kewirausahaan di tempattugas dan di masyarakat;
- Menjunjungtinggi dan menginternalisasinilai-nilaietikakeislamandalamkehidupan di masyarakat dan di Negara;
- Bertanggungjawabsepenuhnyaterhadapnilai-nilaiakademikyaitukejujuran, kebebasan dan otonomiakademik yang diembannya;
- Menampilkandirisebagaipribadi yang jujur, berakhlakmulia, dan teladanbagimasyarakat;
- Menampilkandirisebagaipribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawasertaberkemampuanadaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendaliandiri, (self direction), secarabaik dan penuh inisiatif di tempattugas;
- Bersikapinklusif, bertindakobyektif dan tidakdeskriminatifberdasarkanpertimbanganjeniskelamin, agama, ras, kondisifisik, latarbelakangkeluarga dan status sosialekonomi;
- Menunjukkanetoskerja, rasabangga, percayadiri dan menghargaibidangtugasmenjadipembimbing dan konselor Islam;
- Menunjukkansikapkepemimpinan(leadership), bertanggungjawab(accountability)dan responsibilitas(responsibility)ataspekerjaan dibidangpembimbingan dan konseling Islam secaramandiri;
- Menginternalisasisemangatkemandirian/kewirausahaan daninovasidalampelaksaantugaspembimbingan dan konseling Islampada masyarakat.
b. CapaianPembelajaran Program StudiBidang Pengetahuan
- Menguasaipengetahuantentangfilsafatpancasila,kewarganegaraan, wawasankebangsaan (nasionalisme)danglobalisasi;
- Menguasaipengetahuan dan langkah-langkahdalammenyampaikangagasanilmiahsecaralisan dan tertulisdenganmenggunakanbahasa Indonesia yang baik dan benardalamperkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
- Menguasaipengetahuan dan langkah-langkahberkomunikasibaiklisanmaupun tulisan denganmenggunakanbahasa Arab danInggrisdalamperkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
- Menguasaipengetahuan dan langkah-langkahdalammengembangkanpemikirankritis, logis, kreatif, inovatif dansistematissertamemilikikeingintahuanintelektualuntukmemecahkanmasalah pada tingkat individual dan kelompokdalamkomunitasakademik dan non akademik;
- Menguasaipengetahuandasar-dasarkeislamansebagai agamarahmatanlil ‘alamin
- Menguasaipengetahuan dan langkah-langkahintegrasikeilmuan(agama dan sains) sebagai paradigm keilmuan;
- Menguasailangkah-langkahmengidentifikasiragamupayawirausaha yang bercirikaninovasi dan kemandirian yangberlandaskanetika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasionaldan global;
- Menguasaipengetahuanterkaitdengankegiatanbimbingan dankonseling Islam secarakreatif, inovatif, produktif dan adaptif;
- Menguasaidasar-dasarkeilmuanbimbingan dan konseling Islam,teorikomunikasi, metode dan teknikbimbingan dan konselingIslam, perkembanganindividu dan masyarakat;
- Menguasaiperencanaan dan evaluasiprogram, penguasaandan pemanfaatanteknologi dan media informasidalamkegiatanbimbingan dan konseling Islam, kemampuanmenstimulasikliendalampengembanganpotensidiri dan mengaktualisasikannyasecaratepat;
- Menguasaikonsep, filosofi, metodedisiplinkeilmuan(body ofknowledge)bimbingan dan konseling Islam;
- Menguasaipengetahuan yang terkaitdenganpelaksanaandakwahyaituilmudakwah, dasar-dasarpengembanganmasyarakat, teorikomunikasi (komunikasiantarpribadi, dankomunikasipersuasif), psikologisosial, sosiologi dan antropologi,metodologipenelitiansosial, perencanaan dan evaluasi programbimbingan dan konseling Islam.
c. CapaianPembelajaran Program StudiBidang Keterampilan Umum
- Mampu menerapkanpemikiranlogis, kritis, sistematis, dan inovatifdalamkontekpengembanganatauimplementasiilmupengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkannilaihumaniora yang sesuaidenganbidangkeahliannya;
- Mampu menunjukkankinerjamandiri, bermutu dan terukur;
- Mampu mengkajiimplikasipengembanganatauimplementasiilmupengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkannilaihumaniorasesuaidengankeahliannyaberdasarkankaidah, tata cara, dan etikailmiahdalamrangkamenghasilkansolusi, gagasan, desainataukritikseni;
- Mampu menyusundeskripsisaintifik, hasilkajiannyadalambentukskripsiataulaporantugasakhir, dan mengunggahnyadalamlamanperguruantinggi;
- Mampu mengambilkeputusansecaratepat, dalamkontekspenyelasaianmasalah di bidangkeahliannyaberdasarkanhasilanalisisinformasi dan data;
- Mampu memelihara dan mengembangkanjaringankerjadenganpembimbing, kolega dan sejawatbaik di dalammaupun di luarlembaganya;
- Mampu bertanggung jawabataspencapaianhasilkerjakelompokmelakukan supervise dan evaluasiterhadappenyelesaianpekerjaan yang ditugaskankepadapekerja yang berada di bawahtanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasidiri terhadapkelompokkerja yang berada di bawahtanggungjawabnya dan mampumengelolapembelajaransecaramandiri;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukankembali data untukmenjaminkesahihanmencegahplagiasi;
- Menunjukkankemampuanliterasi informasi, media dan memanfaatkan teknologiinformasi dan komunikasiuntukpengembangankeilmuan dan kemampuankerja;
- Mampu berkomunikasibaiklisanmaupun tulisan denganmenggunakanbahasa Arab dan Inggrisdalamperkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
- Mampu berkolaborasidalam team, menunjukkankemampuankreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikirkritis (critical thinking) dan pemecahanmasalah (problem solving skill) dalampengembangankeilmuan dan pelaksanaantugas di dunia kerja;
- Mampu membaca al-Qur’an berdasarkanilmuqira’at dan ilmu tajwid;
- Mampu menghafal dan memahamiisikandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma);
- Mampu melaksanakanibadah dan memimpin ritual keagamaandenganbaik.
d. CapaianPembelajaran Program
- Mampu melakukan pembimbingan dan konseling Islam,berdakwah, dan pendampingan masyarakat Islam dalammasyarakat multi agama.
- Mampu menyusun perencanaan, monitoring dan evaluasiprogram bimbingan dan konseling Islam berdasarkankeilmuan bimbingan dan konseling berdasarkan paradigmaintegrasi keilmuan dan berlandaskan nilai-nilai Islami.
- Mampu menggunakan media cetak dan audio visual serta online untuk kegiatan pembimbingan dan konseling Islam.
- Mampu menentukan dan menggunakan pendekatan, metode,media, dan teknologi untuk kegiatan pembimbingan dankonseling Islam secara tepat dalam masyarakat multiagama.
- Mampu menyusun desain dan melaksanakan kegiatanpenelitian untuk merencanakan kegiatan bimbingan dankonseling dengan tepat.
- Mampu menyusun instrumen pembimbingan dan konselinguntuk memecahkan masalah-masalah sosial keagamaandengan menggunakan sumber informasi primer dan sekundersesuai prinsip-prinsip dalam pembimbingan dan konselingIslam.
4. Struktur Mata Kuliah Prodi S1 BimbinganKonseling Islam
a. Mata KuliahWajib
No | Sem. | Kode | Mata Kuliah | SKS | Ket. | ||
Teori | Praktik | Total | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
1 | I | 19BKI01 | Filsafat Umum | 2 | 0 | 2 | BKI |
2 | I | 19BKI02 | Psikologi Umum | 2 | 0 | 2 | BKI |
3 | I | 19BKI03 | Sosiologi Dakwah | 2 | 0 | 2 | BKI |
4 | I | 19BKI04 | Dasar-dasar BKI | 2 | 0 | 2 | BKI |
5 | I | 19BKI05 | Metode Dakwah | 2 | 0 | 2 | BKI |
6 | II | 19BKI06 | Psikologi Sosial | 2 | 0 | 2 | BKI |
7 | II | 19BKI07 | Psikologi Agama | 2 | 0 | 2 | BKI |
8 | III | 19BKI08 | Fiqh Keluarga | 2 | 0 | 2 | BKI |
9 | III | 19BKI09 | Psikologi Terapan Anak dan Remaja | 2 | 0 | 2 | BKI |
10 | III | 19BKI10 | Komunikasi Konseling | 2 | 0 | 2 | BKI |
11 | III | 19BKI11 | Psikologi Konseling | 2 | 0 | 2 | BKI |
12 | III | 19BKI12 | Konseling Individu | 2 | 0 | 2 | BKI |
13 | III | 19BKI13 | Konseling Kelompok | 2 | 0 | 2 | BKI |
14 | III | 19BKI14 | Psikologi perkembangan | 2 | 0 | 2 | BKI |
15 | IV | 19BKI15 | Manajemen BKI | 2 | 0 | 2 | BKI |
16 | IV | 19BKI16 | Konseling Keluarga | 2 | 0 | 2 | BKI |
17 | IV | 19BKI17 | Konseling Pendidikan | 2 | 0 | 2 | BKI |
18 | IV | 19BKI18 | Psikologi Kepribadian Islam | 2 | 0 | 2 | BKI |
19 | IV | 19BKI19 | Patologi Sosial dan Kriminologi | 2 | 0 | 2 | BKI |
20 | IV | 19BKI20 | Teori Motivasi | 2 | 0 | 2 | BKI |
21 | IV | 19BKI21 | Mikro Konseling Teori | 2 | 0 | 2 | BKI |
22 | IV | 19BKI22 | Kode Etik Konseling | 2 | 0 | 2 | BKI |
23 | IV | 19BKI23 | Media Konseling | 2 | 0 | 2 | BKI |
24 | V | 19BKI24 | Psikologi Abnormal | 2 | 0 | 2 | BKI |
25 | V | 19BKI25 | Psikoterapi Islam | 2 | 0 | 2 | BKI |
26 | V | 19BKI26 | Kesehatan Mental | 2 | 0 | 2 | BKI |
27 | V | 19BKI27 | Metodologi Penelitian BKI | 2 | 0 | 2 | BKI |
28 | V | 19BKI28 | BimbinganKonseling Anak dan Remaja | 1 | 2 | 3 | BKI |
29 | V | 19BKI29 | Asesmen Tes dan Non Tes Bimbingan & Konseling | 2 | 0 | 2 | BKI |
30 | V | 19BKI30 | Statistik Sosial | 2 | 0 | 2 | BKI |
31 | VI | 19BKI31 | Bimbingan dan Konseling Dewasa & Lansia | 1 | 1 | 2 | BKI |
32 | VI | 19BKI32 | Konseling Lintas Agama dan Budaya | 2 | 0 | 2 | BKI |
33 | VI | 19BKI33 | Instrumentasi Bimbingan dan Konseling | 2 | 0 | 2 | BKI |
34 | VI | 19BKI34 | Bimbingan Rohani Islam | 1 | 1 | 2 | BKI |
35 | VI | 19BKI35 | Hipnotherapy (Teori dan Praktik) | 1 | 1 | 2 | BKI |
36 | VI | 19BKI36 | Mikro Konseling Praktik | 0 | 2 | 2 | BKI |
37 | VIII | 19BKI37 | Skripsi | 0 | 6 | 6 | BKI |
Total | 72 | 7 | 79 |
b. Mata Kuliah Pilihan
No | Sem. | Kode | Mata Kuliah | SKS | Ket. | ||
Teori | Praktik | Total | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
1 | V | BKI6838 | BKI Industri dan Organisasi* | 2 | 1 | 3 | PIL |
2 | V | BKI6839 | Bimbingan dan Konseling Pesantren* | 2 | 1 | 3 | PIL |
3 | VI | BKI6840 | BK Anak Berkebutuhan Khusus* | 2 | 0 | 2 | PIL |
4 | VI | BKI6841 | Problema Keluarga* | 2 | 0 | 2 | PIL |
5 | VI | BKI6842 | Islam dan Budaya Lokal* | 2 | 0 | 2 | PIL |
6 | VI | BKI6843 | Entrepreneur BKI* | 2 | 0 | 2 | PIL |
7 | VI | BKI6844 | Diagnosis Kesulitan Belajar* | 2 | 0 | 2 | PIL |
8 | VI | BKI6845 | Konseling Sekolah dan Karir* | 2 | 0 | 2 | PIL |
Total | 20 | 0 | 20 |
b. Rekapitulasi
Komponen | SKS | Presentase |
Mata Kuliah Visi UIN RIL | 26 | 17% |
Mata Kuliah Visi Fakultas | 34 | 23% |
Mata Kuliah Prodi Wajib | 79 | 60% |
Mata Kuliah Prodi Pilihan | 9 | |
Total | 148 | 100% |
5. Sebaran Persemester Mata Kuliah Prodi S1 BimbinganKonseling Islam
Semester 1
No | Sem. | Kode | Mata Kuliah | SKS | Ket. | ||
Teori | Praktik | Total | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
1 | I | 19UIN02 | Bahasa Indonesia | 2 | 0 | 2 | UIN |
2 | I | 19UIN04 | Fiqih | 2 | 0 | 2 | UIN |
3 | I | 19UIN05 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 0 | 2 | UIN |
4 | I | 19UIN06 | Pengantar Studi Al-Quran dan Al-Hadits | 2 | 0 | 2 | UIN |
5 | I | 19DAK01 | Ilmu Dakwah | 2 | 0 | 2 | FDIK |
6 | 1 | 19BKI01 | Filsafat Umum | 2 | 0 | 2 | BKI |
7 | 1 | 19BKI02 | Psikologi Umum | 2 | 0 | 2 | BKI |
8 | 1 | 19BKI03 | Sosiologi Dakwah | 2 | 0 | 2 | BKI |
9 | 1 | 19BKI04 | Dasar-dasar BKI | 2 | 0 | 2 | BKI |
10 | 1 | 19BKI05 | Metode Dakwah | 2 | 0 | 2 | BKI |
Total | 20 | 0 | 20 |
Semester 2
No | Sem. | Kode | Mata Kuliah | SKS | Ket. | ||
Teori | Praktik | Total | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
1 | II | 19UIN07 | Akhlak dan Tasawuf | 2 | 0 | 2 | UIN |
2 | II | 19UIN08 | Islam dan Lingkungan Hidup | 2 | 0 | 2 | UIN |
3 | II | 19UIN09 | Metode Studi Islam | 2 | 0 | 2 | UIN |
4 | II | 19UIN10 | Sejarah Peradaban Islam | 2 | 0 | 2 | UIN |
5 | II | 19UIN11 | Tauhid/Ilmu Kalam | 2 | 0 | 2 | UIN |
6 | II | 19DAK02 | Sejarah Dakwah | 2 | 0 | 2 | FDIK |
7 | II | 19DAK03 | Tafsir Ayat Dakwah | 2 | 0 | 2 | FDIK |
8 | II | 19DAK04 | Hadits Dakwah | 2 | 0 | 2 | FDIK |
9 | II | 19DAK05 | Qiro’atul Qur’an | 1 | 1 | 2 | FDIK |
10 | II | 19BKI06 | Psikologi Sosial | 2 | 0 | 2 | BKI |
11 | II | 19BKI07 | Psikologi Agama | 2 | 0 | 2 | BKI |
Total | 22 | 0 | 22 |
Semester 3
No | Sem. | Kode | Mata Kuliah | SKS | Ket. | ||
Teori | Praktik | Total | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
1 | III | 19UIN01 | Bahasa Arab | 2 | 0 | 2 | UIN |
2 | III | 19UIN03 | Bahasa Inggris | 2 | 0 | 2 | UIN |
3 | III | 19DAK06 | FilsafatDakwah | 2 | 0 | 2 | FDIK |
4 | III | 19DAK07 | TahsinulQiro’ah | 1 | 1 | 2 | FDIK |
5 | III | 19DAK08 | Dakwah dan Lingkungan Hidup | 2 | 0 | 2 | FDIK |
6 | III | 19BKI08 | FiqhKeluarga | 2 | 0 | 2 | BKI |
7 | III | 19BKI09 | Psikologi Terapan Anak dan Remaja | 2 | 0 | 2 | BKI |
8 | III | 19BKI10 | Komunikasi Konseling | 2 | 0 | 2 | BKI |
9 | III | 19BKI11 | Psikologi Konseling | 2 | 0 | 2 | BKI |
10 | III | 19BKI12 | Konseling Individu | 2 | 0 | 2 | BKI |
11 | III | 19BKI13 | Konseling Kelompok | 2 | 0 | 2 | BKI |
12 | III | 19BKI14 | Psikologi Perkembangan | 2 | 0 | 2 | BKI |
Total | 24 | 0 | 24 |
Semester 4
No | Sem. | Kode | Mata Kuliah | SKS | Ket. | ||
Teori | Praktik | Total | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
1 | IV | 19DAK09 | Bahasa Arab Profesi | 2 | 0 | 2 | FDIK |
2 | IV | 19DAK10 | Bahasa InggrisProfesi | 2 | 0 | 2 | FDIK |
3 | IV | 19DAK11 | PsikologiDakwah | 2 | 0 | 2 | FDIK |
4 | IV | 19BKI15 | Manajemen BKI | 2 | 0 | 2 | BKI |
5 | IV | 19BKI16 | Konseling Keluarga | 2 | 0 | 2 | BKI |
6 | IV | 19BKI17 | Konseling Pendidikan | 2 | 0 | 2 | BKI |
7 | IV | 19BKI18 | Psikologi Kepribadian Islam | 2 | 0 | 2 | BKI |
8 | IV | 19BKI19 | Patologi Sosial dan Kriminologi | 2 | 0 | 2 | BKI |
9 | IV | 19BKI20 | Teori Motivasi | 2 | 0 | 2 | BKI |
10 | IV | 19BKI21 | Mikro Konseling Teori | 2 | 0 | 2 | BKI |
11 | IV | 19BKI22 | Kode EtikKonseling | 2 | 0 | 2 | BKI |
12 | IV | 19BKI23 | Media Konseling | 2 | 0 | 2 | BKI |
Total | 24 | 0 | 24 |
Semester 5
No | Sem. | Kode | Mata Kuliah | SKS | Ket. | ||
Teori | Praktik | Total | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
1 | V | 19DAK12 | KomputerAplikasi | 2 | 1 | 3 | FDIK |
2 | V | 19DAK13 | Metode Penelitian Sosial | 2 | 1 | 3 | FDIK |
3 | V | 19BKI24 | Psikologi Abnormal | 2 | 0 | 2 | BKI |
4 | V | 19BKI25 | Psikoterapi Islam | 2 | 0 | 2 | BKI |
5 | V | 19BKI26 | Kesehatan Mental | 2 | 0 | 2 | BKI |
6 | V | 19BKI27 | Metodologi Penelitian BKI | 2 | 0 | 2 | BKI |
7 | V | 19BKI28 | Bimbingan Konseling Anak & Remaja | 2 | 1 | 3 | BKI |
8 | V | 19BKI29 | Asesmen Tes dan Non Tes Bimbingan & Konseling | 2 | 0 | 2 | BKI |
9 | V | 19BKI30 | Statistik Sosial | 2 | 0 | 2 | BKI |
Total | 18 | 3 | 21 | ||||
10 | V | 19BKI38 | BKI Industri dan Organisasi* | 2 | 1 | 3 | PIL |
11 | V | 19BKI39 | Bimbingan dan KonselingPesantren * | 2 | 1 | 3 | PIL |
Total | 4 | 2 | 6 |
*) Mata Kuliah Pilihan
Catatan: Mahasiswa hanya boleh mengambil 1 Mata Kuliah Pilihan dengan total bobot = 3 SKS
Semester 6
No | Sem. | Kode | Mata Kuliah | SKS | Ket. | ||
Teori | Praktik | Total | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
1 | VI | 19UIN12 | KKN | 0 | 4 | 4 | UIN |
2 | VI | 19DAK14 | Praktikum Dakwah | 0 | 2 | 2 | FDIK |
3 | VI | 19BKI31 | Bimbingan dan Konseling Dewasa & Lansia | 1 | 1 | 2 | BKI |
4 | VI | 19BKI32 | Konseling Lintas Agama dan Budaya | 2 | 0 | 2 | BKI |
5 | VI | 19BKI33 | Instrumentasi Bimbingan dan Konseling | 2 | 0 | 2 | BKI |
6 | VI | 19BKI34 | Bimbingan Rohani Islam | 1 | 1 | 2 | BKI |
7 | VI | 19BKI35 | Hipnotherapy (Teori dan Praktik) | 1 | 1 | 2 | BKI |
8 | VI | 19BKI36 | Mikro Konseling Praktik | 0 | 2 | 2 | BKI |
Total | 7 | 11 | 18 | ||||
9 | VI | 19BKI40 | BK Anak Berkebutuhan Khusus* | 2 | 0 | 2 | PIL |
10 | VI | 19BKI41 | Problema Keluarga* | 2 | 0 | 2 | PIL |
11 | VI | 19BKI42 | Islam dan Budaya Lokal* | 2 | 0 | 2 | PIL |
12 | VI | 19BKI43 | Entrepreneur BKI* | 2 | 0 | 2 | PIL |
13 | VI | 19BKI44 | Diagnosis Kesulitan Belajar* | 2 | 0 | 2 | PIL |
14 | VI | 19BKI45 | Konseling Sekolah dan Karir* | 2 | 0 | 2 | PIL |
Total | 12 | 0 | 12 |
*) Mata Kuliah Pilihan
Catatan: Mahasiswa hanya boleh mengambil 3 Mata Kuliah Pilihan dengan total bobot = 6 SKS
Semester 7
No | Sem. | Kode | Mata Kuliah | SKS | Ket. | ||
Teori | Praktik | Total | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
1 | VII | 19DAK15 | PenguatanKompetensiLapangan (PKL) | 0 | 4 | 4 | FDIK |
Total | 6 | 4 | 10 |
Semester 8
No | Sem. | Kode | Mata Kuliah | SKS | Ket. | ||
Teori | Praktik | Total | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
1 | VIII | 19BKI37 | Skripsi | 0 | 6 | 6 | BKI |
Total | 0 | 6 | 6 |